My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Selasa, 04 Maret 2014

PENGEMBANGAN INDIKATOR KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN PELAJARAN 2012/2013



PENGEMBANGAN INDIKATOR KISI-KISI UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
URAIAN INDIKATOR
PENGEMBANGAN  INDIKATOR  MENJADI  INDIKATOR  SOAL
1
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 - 30-an, dan drama).

Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks
ü  Isi paragraf berupa gagasan utama




ü  Bagian suatu paragraf berupa kalimat utama dan penjelas

·         Disajikan sebuah paragraf yang terdiri atas lima kalimat, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.

·         Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut.

·         Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut.

·         Disajikan bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat
-          menentukan gagasan utama paragraf pertama bacaan tersebut.
-          menentukan kalimat utama paragraf kedua bacaan tersebut.

Menentukan persamaan isi berita
Persamaan isi berita
·         Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut.2

Menentukan perbedaan penyajian berita
Menentukan perbedaan penyajian teks berita

·         Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.3

·         Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat
-          menentukan persamaan isi berita  tersebut.
-          menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
















Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan
ü  Keistimewaan tokoh


ü  Sifat tokoh yang dapat diteladani





ü  Menjelaskan maksud kalimat dalam iklan




ü  Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan


·         Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.4

·         Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan hal yang  dapat diteladani pada tokoh tersebut.5

·         Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat
-          menentukan keistimewaan tokoh.
-          menentukan hal yang dapat diteladani  pada tokoh tersebut.

·       Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan penjelasan isi salah satu kalimat pada iklan tersebut.6

·       Disajikan sebuah iklan pengumuman, siswa dapat menentukan maksud  iklan tersebut.7

·         Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta/opini yang terdapat pada iklan tersebut.8
Menyimpulkan isi paragraf
ü  Menentukan simpulan isi paragraf

·         Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut.9
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
ü  Menentukan penjelasan  isi grafik, tabel, bagan, dan denah.










ü  Menentukan pertanyaan yang jawabannya merupakan isi grafik, tabel, bagan, dan denah








ü  Menentukan simpulan isi grafik, tabel, bagan, dan denah






ü  Menentukan penjelasan isi denah.

ü  Mendeskripsikan isi denah perjalanan


·         Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut.10

·         Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut.

·         Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut.

·         Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan yang  sesuai dengan isi denah tersebut.

·         Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada grafik tersebut.

·         Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut.

·         Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada bagan tersebut.

·         Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada denah tersebut.

·         Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut.

·         Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut. 11

·         Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan simpulan isi bagan tersebut.

·         Disajikan sebuah denah lokasi kegiatan, siswa dapat menentukan letak lokasi kegiatan  pada denah tersebut.12

·         Disajikan sebuah denah , siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif.13
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
ü  Menentukan tema, citraan, suasana, nada, majas, dan misi puisi













·        Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut. 14

·        Disajikan sebuah  puisi, siswa dapat menentukan  citraan yang terdapat pada puisi tersebut.

·      Disajikan sebuah  puisi, siswa dapat menentukan nada yang terdapat pada  puisi tersebut.

·      Disajikan sebuah  puisi, siswa dapat menentukan suasana yang terdapat pada  puisi tersebut.

·      Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan amanat yang terdapat pada  puisi tersebut.

·      Disajikan dua puisi, siswa dapat menentukan perbedaan amanat kedua puisi tersebut.16

·      Disajikan  sebuah puisi, siswa dapat menentukan larik bermajas pada puisi tersebut. 15

·      Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan  latar  (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut. 17

Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
ü  Menentukan watak, latar, sudut pandang pengarang, amanat, tahapan alur, dalam cerpen/cerita anak


























ü  Menentukan bukti watak, latar, tahapan alur cerpen/cerita anak















ü  Menentukan cara mengetahui watak tokoh cerpen/cerita anak
·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan  perwatakan tokoh yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan  sudut pandang pengarang yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan  tahapan alur yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan amanat yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan
-          latar yang terdapat pada  kutipan cerita anak tersebut.
-          bukti latar (waktu, tempat, suasana) yang terdapat pada  kutipan cerita anak tersebut.
-          konflik yang terdapat pada  kutipan cerita anak tersebut.
-          amanat yang terdapat pada  kutipan cerita anak tersebut.

·           Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita tersebut.20

·           Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik pada kutipan  cerita tersebut.21

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerpen tersebut. 18

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan tahapan alur yang terdapat pada  kutipan  cerpen tersebut.

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti
-          latar yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.
-          bukti latar (waktu, tempat, suasana) yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.
-          konflik yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.
-          amanat yang terdapat pada  kutipan cerpen tersebut.



·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkani watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut. 19

Mengidentifikasi  perbedaan karakteristik  dua novel
ü  Menentukan perbedaan tema, latar, sudut pandang, konflik novel



ü  Menentukan perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel.

ü  Menentukan bukti latar dan watak tokoh novel


·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan adat yang terdapat pada kutipan novel tersebut. 22

·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut. 23

·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan tema novel tersebut.

·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti perwatakan tokoh novel tersebut.

·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti latar (waktu, tempat, suasana) novel tersebut.


·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti  sudut pandang novel tersebut.

·         Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan amanat novel tersebut.

Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
ü  Menentukan watak tokoh, latar, suasana drama dan buktinya.











ü  Menentukan konflik dan amanat serta butkinya,

·         Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh drama tersebut.

·         Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar tempat (waktu, tempat) yang terdapat pada kutipan naskah  drama tersebut. 25

·         Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan suasana yang terdapat pada kutipan  drama tersebut. 24

·         Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan
-          suasana yang terdapat pada  kutipan drama tersebut.
-          latar (waktu, tempat) yang terdapat pada  kutipan drama tersebut.

·         Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan konflik drama tersebut.
·         Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan amanat drama tersebut.

2
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.

Menulis catatan pengalaman pada buku harian
ü  Menentukan catatan buku harian berdasarkan konteks

ü  Melengkapi catatan buku harian.

ü  Memperbaiki catatan buku harian.

·         Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan catatan  dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut.  26

·         Disajikan catatan harian yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

·         Disajikan catatan harian yang diksinya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya.
Menulis isi pesan singkat sesuai konteks
ü  Menulis pesan singkat


ü  Melengkapi pesan singkat.


ü  Menentukan isi pesan singkat berdasarkan ilustrasi

·         Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan pesan singkat yang sesuai ilustrasi tersebut.

·         Disajikan pesan singkat yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

·         Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut. 27
Menulis  laporan/pengumuman/  resensi
ü  Menentukan susunan kalimat laporan.




ü  Menentukan judul laporan


ü  Menentukan kalimat laporan berdasarkan konteks


ü  Menulis pengumuman sesuai konteks

ü  Melengkapi pengumuman yang dirumpangkan

ü  Menyunting isi pengumuman

ü  Menulis paragraf resensi berdasarkan ilustrasi

ü  Melengkapi paragraf resensi


ü  Menyunting paragraf resensi

·         Disajikan lima – enam  kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menentukan susunan  paragraf laporan yang padu.  28

·         Disajikan data hasil lomba, siswa dapat menentukan paragraf laporan yang tepat tentang hasil lomba tersebut.

·         Disajikan paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul laporan yang tepat.

·         Disajikan paragraf isi laporan yang salah satu bagiannya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.


·         Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan penulisan pengumuman yang tepat. 29

·         Disajikan pengumuman yang dirumpangkan, siswa dapat  kalimat yang tepat untuk  melengkapinya.


·         Disajikan pengumuman yang belum efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya.

·         Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan buku, siswa dapat menentukan penulisan paragraf resensi yang tepat. 30

·         Disajikan paragraf resensi yang dirumpangkan (keunggulan/kekurangan) siswa dapat menentukan kelengkapannya.

·         Disajikan paragraf resensi yang belum efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
ü  Menulis surat pribadi


ü  Melengkapi surat pribadi


ü  Menentukan balasan surat pribadi

·         Disajikan ilustrasi pengalaman siswa, siswa dapat menentukan pembuka, isi, atau penutup surat pribadi sesuai ilustrasi tersebut. 

·         Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau penutupnya  dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya. 31

·         Disajikan kutipan surat pribadi, siswa dapat menentukan balasan yang tepat terhadap surat tersebut.

ü  Menulis surat dinas sesuai ilustrasi.

ü  Melengkapi bagian surat dinas











ü  Memperbaiki bagian surat dinas yang salah








ü  Menulis surat pembaca sesuai konteks

ü  Melengkapi surat pembaca

ü  Menyunting surat pembaca


·         Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan penulisan  surat dinas yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.


·         Disajikan kutipan surat dinas yang bagian alamatnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan penulisan alamat surat tersebut.


·         Disajikan kutipan surat dinas yang bagian tanggal suratnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan penulisan tanggal surat tersebut.

·         Disajikan kutipan surat dinas yang bagian isinya dirumpangkan, siswa dapat menentukan isi  surat tersebut.

·         Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya. 32

·         Disajikan surat dinas yang bagiannya (pembuka, isi, penutup, alamat, tanggal surat) tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan tepat.

·         Disajikan kutipan surat dinas yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat
-          melengkapinya dengan tanggal surat yang tepat.
-          melengkapi bagian isi surat yang tepat.
-          melengkapi bagian penutup surat tersebut dengan kalimat yang tepat.

·      Disajikan ilustrasi keadaan lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan penulisan surat pembaca yang tepat. 33

·      Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.

·      Disajikan surat pembaca yang kurang efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya.
Menulis rangkuman
ü  Menentukan rangkuman bacaan

·         Disajikan teks bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa  dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut. 34
Menulis teks berita sesuai konteks





Menulis  slogan sesuai konteks
ü  Menulis teks berita sesuai gambar.


ü  Menulis teks berita sesuai ilustrasi

ü  Menentukan slogan sesuai  konteks

ü  Menyunting slogan

·         Disajikan ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat menentukan teks berita yang tepat. 35


·         Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat menentukan teks berita yang tepat.

·         Disajikan Ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan  ilustrasi tersebut. 36

·         Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
Menulis iklan sesuai konteks
ü  Menentukan iklan baris yang tepat

ü  Menyunting penulisan iklan baris
·         Disajikan ilustrasi penjualan barang, siswa dapat menentukan penulisan iklan baris yang sesuai dengan  ilustrasi tersebut. 37

·         Disajikan penulisan iklan baris yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu

ü  Melengkapi kalimat petunjuk yang rumpang

ü  Menyusun kalimat petunjuk yang belum padu/runtut


·         Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan,  siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya. 38

·         Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan petunjuk yang padu. 39
Menulis teks pidato
ü  Menentukan bagian pembuka, isi, atau penutup terhadap berdasarkan konteks.

ü  Melengkapi bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato

ü  Menyunting teks pidato


·         Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato yang tepat.  40



·         Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian  pembuka, isi, atau putupnya,  siswa dapat menentukan kelengkapan teks pidato tersebut.


·         Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak tepat,  siswa dapat menentukan perbaikannya. 41


Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka
ü  Menentukan rumusan masalah karya ilmiah

ü  Menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah

ü  Menentukan penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku

·         Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut. 42

·         Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut. 43

·         Disajikan data sebuah buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka yang tepat. 44
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
ü  Membuang/mengganti kalimat tidak padu dalam paragraf






ü  Memperbaiki ejaan, tanda baca, pilihan kata, atau kalimat tidak efektif




·         Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut.  45

·         Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut.

·         Disajikan kalimat tidak padu dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikannya.

·         Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital yang tidak tepat dalam kalimat, siswa dapat menentukan perbaikan huruf kapital tersebut. 47

·         Disajikan beberapa penggunaan tanda baca yang tidak tepat dalam kalimat, siswa dapat menentukan perbaikan tanda baca tersebut. 46

·         Disajikan paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

·         Disajikan paragraf yang menggunakan salah satu kalimatnya tidak efektif, siswa dapat  menentukan perbaikan yang tepat.


Melengkapi pantun
ü  Melengkapi sampiran/isi pantun rumpang

ü  Menentukan pantun berdasarkan konteks

ü  Menentukan pantun balasan

·         Disajikan sebuah pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa dapat menentukan larik sampiran/isi yang tepat untuk melengkapinya. 48

·         Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut.

·         Disajikan sebuah pantun, siswa dapat menentukan pantun balasan yang tepat
Melengkapi puisi
ü  Melengkapi puisi dengan larik bermajas/pilihan kata


ü  Menentukan  puisi berdasarkan konteks (ilustrasi pengalaman, gambar)

·         Disajikan sebuah puisi yang salah satu lariknya dirumpangkan, siswa dapat menentukan larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut. 49

·         Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat.

·         Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut.

·         Disajikan gambar, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut.
Melengkapi naskah drama
ü  Melengkapi naskah drama


ü  Menentukan drama berdasarkan konteks




ü  Menyunting penulisan drama


·         Disajikan kutipan naskah drama yang dua dialognya dirumpangkan, siswa dapat menentukan dialog yang tepat untuk melengkapinya. 50

·         Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan drama yang tepat berdasarkan cerpen tersebut.

·         Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan drama yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut.

·         Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat, , siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

KELOMPOK  MAPEL BAHASA INDONESIA
1.          SUDIATI
2.          LISTIYA SUSILAWATI
3.          BAMBANG SUGIANTO

0 komentar:

Posting Komentar