PENGEMBANGAN INDIKATOR KISI-KISI UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
URAIAN INDIKATOR
|
PENGEMBANGAN INDIKATOR MENJADI
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi,
artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai
karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita
anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 - 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks
|
ü Isi paragraf berupa gagasan
utama
ü Bagian suatu paragraf berupa
kalimat utama dan penjelas
|
·
Disajikan sebuah paragraf yang terdiri atas lima kalimat, siswa dapat
menentukan gagasan utama paragraf tersebut.
·
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama pada
paragraf tersebut.
·
Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat
menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut.
·
Disajikan bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat
-
menentukan gagasan utama paragraf pertama bacaan tersebut.
-
menentukan kalimat utama paragraf kedua bacaan tersebut.
|
Menentukan persamaan isi berita
|
Persamaan isi berita
|
·
Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi
berita tersebut.2
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita
|
Menentukan perbedaan penyajian teks
berita
|
·
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian
berita tersebut.3
·
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat
-
menentukan persamaan isi berita
tersebut.
-
menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
|
||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan
|
ü Keistimewaan tokoh
ü Sifat tokoh yang dapat
diteladani
ü Menjelaskan maksud kalimat
dalam iklan
ü Menentukan kalimat
fakta/opini dalam iklan
|
·
Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan
tokoh tersebut.4
·
Disajikan kutipan biografi tokoh,
siswa dapat menentukan hal yang dapat
diteladani pada tokoh tersebut.5
·
Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat
-
menentukan keistimewaan tokoh.
-
menentukan hal yang dapat diteladani
pada tokoh tersebut.
· Disajikan sebuah iklan, siswa
dapat menentukan penjelasan isi salah satu kalimat pada iklan tersebut.6
· Disajikan sebuah iklan pengumuman, siswa dapat
menentukan maksud iklan tersebut.7
·
Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta/opini yang
terdapat pada iklan tersebut.8
|
||
Menyimpulkan isi paragraf
|
ü Menentukan simpulan isi
paragraf
|
·
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf
tersebut.9
|
||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
|
ü Menentukan penjelasan isi grafik, tabel, bagan, dan denah.
ü Menentukan pertanyaan yang
jawabannya merupakan isi grafik, tabel, bagan, dan denah
ü Menentukan simpulan isi
grafik, tabel, bagan, dan denah
ü Menentukan penjelasan isi
denah.
ü Mendeskripsikan isi denah
perjalanan
|
·
Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan penjelasan yang sesuai dengan
isi grafik tersebut.10
·
Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
isi tabel tersebut.
·
Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
isi bagan tersebut.
·
Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi denah tersebut.
·
Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pertanyaan yang
jawabannya terdapat pada grafik tersebut.
·
Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya
terdapat pada tabel tersebut.
·
Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya
terdapat pada bagan tersebut.
·
Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya
terdapat pada denah tersebut.
·
Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik
tersebut.
·
Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel
tersebut. 11
·
Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan simpulan isi bagan tersebut.
·
Disajikan sebuah denah lokasi kegiatan, siswa dapat menentukan letak
lokasi kegiatan pada denah tersebut.12
·
Disajikan sebuah denah , siswa dapat menentukan perjalanan yang paling
efektif.13
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
|
ü Menentukan tema, citraan,
suasana, nada, majas, dan misi puisi
|
·
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut. 14
·
Disajikan sebuah puisi, siswa
dapat menentukan citraan yang terdapat
pada puisi tersebut.
· Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan nada yang
terdapat pada puisi tersebut.
· Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan suasana yang
terdapat pada puisi tersebut.
· Disajikan sebuah puisi,
siswa dapat menentukan amanat yang terdapat pada puisi tersebut.
· Disajikan dua puisi, siswa
dapat menentukan perbedaan amanat kedua puisi tersebut.16
· Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan larik
bermajas pada puisi tersebut. 15
· Disajikan kutipan cerpen,
siswa dapat menentukan latar (waktu, tempat,
suasana) cerpen
tersebut. 17
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
|
ü Menentukan watak, latar,
sudut pandang pengarang, amanat, tahapan alur, dalam cerpen/cerita anak
ü Menentukan bukti watak,
latar, tahapan alur cerpen/cerita anak
ü Menentukan cara mengetahui
watak tokoh cerpen/cerita anak
|
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan perwatakan tokoh yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut.
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan sudut pandang pengarang yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut.
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan tahapan alur yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut.
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik yang terdapat
pada kutipan cerpen tersebut.
·
Disajikan
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan amanat yang
terdapat pada kutipan cerpen
tersebut.
·
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan
-
latar yang terdapat pada kutipan
cerita anak tersebut.
-
bukti latar (waktu, tempat, suasana) yang terdapat pada kutipan cerita anak tersebut.
-
konflik yang terdapat pada kutipan
cerita anak tersebut.
-
amanat yang terdapat pada kutipan
cerita anak tersebut.
·
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita
tersebut.20
·
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik pada
kutipan cerita tersebut.21
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerpen
tersebut. 18
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat,
suasana) yang terdapat pada kutipan cerpen
tersebut.
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan tahapan alur yang
terdapat pada kutipan cerpen tersebut.
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti
-
latar yang terdapat pada kutipan cerpen
tersebut.
-
bukti latar (waktu, tempat, suasana) yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut.
-
konflik yang terdapat pada kutipan
cerpen tersebut.
-
amanat yang terdapat pada kutipan cerpen
tersebut.
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang
menggambarkani watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut. 19
|
||
Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel
|
ü Menentukan perbedaan tema,
latar, sudut pandang, konflik novel
ü Menentukan perbedaan sudut
pandang pengarang dalam novel.
ü Menentukan bukti latar dan
watak tokoh novel
|
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan adat yang terdapat
pada kutipan novel tersebut. 22
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan
karakteristik kedua kutipan novel tersebut. 23
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan tema novel
tersebut.
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti
perwatakan tokoh novel tersebut.
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti latar
(waktu, tempat, suasana) novel tersebut.
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti sudut pandang novel tersebut.
·
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan amanat
novel tersebut.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
|
ü Menentukan watak tokoh,
latar, suasana drama dan buktinya.
ü Menentukan konflik dan
amanat serta butkinya,
|
·
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan bukti perwatakan
tokoh drama tersebut.
·
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar tempat
(waktu, tempat) yang terdapat pada kutipan naskah drama tersebut. 25
·
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan suasana yang
terdapat pada kutipan drama tersebut. 24
·
Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan
-
suasana yang terdapat pada kutipan
drama tersebut.
-
latar (waktu, tempat) yang terdapat pada kutipan drama tersebut.
·
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan konflik drama
tersebut.
·
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan amanat drama
tersebut.
|
||
2
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra
dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku
harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan,
pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi
dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks
sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian
|
ü Menentukan catatan buku
harian berdasarkan konteks
ü Melengkapi catatan buku
harian.
ü Memperbaiki catatan buku
harian.
|
·
Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan catatan dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
26
·
Disajikan catatan harian yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya
dengan tepat.
·
Disajikan catatan harian yang diksinya tidak tepat, siswa dapat
menentukan perbaikannya.
|
Menulis isi pesan singkat sesuai konteks
|
ü Menulis pesan singkat
ü Melengkapi pesan singkat.
ü Menentukan isi pesan singkat
berdasarkan ilustrasi
|
·
Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan pesan
singkat yang sesuai ilustrasi tersebut.
·
Disajikan pesan singkat yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya
dengan tepat.
·
Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan
singkat sesuai ilustrasi tersebut. 27
|
||
Menulis laporan/pengumuman/ resensi
|
ü Menentukan susunan kalimat
laporan.
ü Menentukan judul laporan
ü Menentukan kalimat laporan
berdasarkan konteks
ü Menulis pengumuman sesuai
konteks
ü Melengkapi pengumuman yang
dirumpangkan
ü Menyunting isi pengumuman
ü Menulis paragraf resensi
berdasarkan ilustrasi
ü Melengkapi paragraf resensi
ü Menyunting paragraf resensi
|
·
Disajikan lima – enam kalimat
laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menentukan susunan paragraf laporan yang padu. 28
·
Disajikan data hasil lomba, siswa dapat menentukan paragraf laporan yang
tepat tentang hasil lomba tersebut.
·
Disajikan paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul laporan yang tepat.
·
Disajikan paragraf isi laporan yang salah satu bagiannya dirumpangkan,
siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
·
Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan penulisan
pengumuman yang tepat. 29
·
Disajikan pengumuman yang dirumpangkan, siswa dapat kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
·
Disajikan pengumuman yang belum efektif, siswa dapat menentukan
perbaikannya.
·
Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan buku, siswa
dapat menentukan penulisan paragraf resensi yang tepat. 30
·
Disajikan paragraf resensi yang dirumpangkan (keunggulan/kekurangan)
siswa dapat menentukan kelengkapannya.
·
Disajikan paragraf resensi yang belum efektif, siswa dapat menentukan
perbaikannya.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
|
ü Menulis surat pribadi
ü Melengkapi surat pribadi
ü Menentukan balasan surat
pribadi
|
·
Disajikan
ilustrasi pengalaman siswa, siswa dapat menentukan pembuka, isi, atau penutup
surat pribadi sesuai ilustrasi tersebut.
·
Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau
penutupnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapinya. 31
·
Disajikan kutipan surat pribadi, siswa dapat menentukan balasan yang
tepat terhadap surat tersebut.
|
||
|
ü Menulis surat dinas sesuai
ilustrasi.
ü Melengkapi bagian surat
dinas
ü Memperbaiki bagian surat
dinas yang salah
ü Menulis surat pembaca sesuai
konteks
ü Melengkapi surat pembaca
ü Menyunting surat pembaca
|
·
Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan
penulisan surat dinas yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut.
·
Disajikan
kutipan surat dinas yang bagian alamatnya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
penulisan alamat surat tersebut.
·
Disajikan kutipan surat dinas yang bagian tanggal suratnya dirumpangkan,
siswa dapat menentukan
penulisan tanggal surat tersebut.
·
Disajikan kutipan surat dinas yang bagian isinya dirumpangkan, siswa
dapat menentukan isi surat tersebut.
·
Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa
dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya. 32
·
Disajikan surat dinas yang bagiannya (pembuka, isi, penutup, alamat,
tanggal surat) tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan tepat.
·
Disajikan kutipan surat dinas yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa
dapat
-
melengkapinya dengan tanggal surat yang tepat.
-
melengkapi bagian isi surat yang tepat.
-
melengkapi bagian penutup surat tersebut dengan kalimat yang tepat.
· Disajikan ilustrasi keadaan
lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan penulisan surat pembaca yang tepat. 33
· Disajikan surat pembaca yang
dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
· Disajikan surat pembaca yang
kurang efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya.
|
||
Menulis rangkuman
|
ü Menentukan rangkuman bacaan
|
·
Disajikan teks bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.
34
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks
Menulis slogan sesuai konteks
|
ü Menulis teks berita sesuai
gambar.
ü Menulis teks berita sesuai
ilustrasi
ü Menentukan slogan sesuai konteks
ü Menyunting slogan
|
·
Disajikan ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat menentukan teks
berita yang tepat. 35
·
Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat menentukan teks
berita yang tepat.
·
Disajikan Ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang
sesuai dengan ilustrasi tersebut. 36
·
Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat
menentukan perbaikan yang tepat.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks
|
ü Menentukan iklan baris yang
tepat
ü Menyunting penulisan iklan
baris
|
·
Disajikan ilustrasi penjualan barang, siswa dapat menentukan penulisan
iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut. 37
·
Disajikan penulisan iklan baris yang penggunaan pilihan katanya tidak
tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu
|
ü Melengkapi kalimat petunjuk
yang rumpang
ü Menyusun kalimat petunjuk
yang belum padu/runtut
|
·
Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya
dirumpangkan, siswa dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapinya. 38
·
Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara
acak, siswa dapat menentukan susunan petunjuk yang padu. 39
|
||
Menulis teks pidato
|
ü Menentukan bagian pembuka,
isi, atau penutup terhadap berdasarkan konteks.
ü Melengkapi bagian pembuka,
isi, atau penutup teks pidato
ü Menyunting teks pidato
|
·
Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan
paragraf bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato yang tepat. 40
·
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian pembuka, isi, atau putupnya, siswa dapat menentukan kelengkapan teks
pidato tersebut.
·
Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya. 41
|
||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka
|
ü Menentukan rumusan masalah karya ilmiah
ü Menentukan saran berdasarkan
simpulan karya ilmiah
ü Menentukan penulisan daftar
pustaka berdasarkan data buku
|
·
Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya
ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut. 42
·
Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan
simpulan karya ilmiah tersebut. 43
·
Disajikan data sebuah buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar
pustaka yang tepat. 44
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
|
ü Membuang/mengganti kalimat
tidak padu dalam paragraf
ü Memperbaiki ejaan, tanda
baca, pilihan kata, atau kalimat tidak efektif
|
·
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat
tersebut. 45
·
Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan
perbaikan kalimat tersebut.
·
Disajikan kalimat tidak padu dalam paragraf, siswa dapat menentukan
perbaikannya.
·
Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital yang tidak tepat dalam
kalimat, siswa dapat menentukan perbaikan huruf kapital tersebut. 47
·
Disajikan beberapa penggunaan tanda baca yang tidak tepat dalam kalimat,
siswa dapat menentukan perbaikan tanda baca tersebut. 46
·
Disajikan paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa
dapat menentukan perbaikan yang tepat.
·
Disajikan paragraf yang menggunakan salah satu kalimatnya tidak efektif,
siswa dapat menentukan perbaikan yang
tepat.
|
||
Melengkapi pantun
|
ü Melengkapi sampiran/isi
pantun rumpang
ü Menentukan pantun
berdasarkan konteks
ü Menentukan pantun balasan
|
·
Disajikan sebuah pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa
dapat menentukan larik sampiran/isi yang tepat untuk melengkapinya. 48
·
Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai
ilustrasi tersebut.
·
Disajikan sebuah pantun, siswa dapat menentukan pantun balasan yang tepat
|
||
Melengkapi puisi
|
ü Melengkapi puisi dengan
larik bermajas/pilihan kata
ü Menentukan puisi berdasarkan konteks (ilustrasi
pengalaman, gambar)
|
·
Disajikan sebuah
puisi yang salah satu lariknya dirumpangkan, siswa dapat menentukan larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut. 49
·
Disajikan
puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut
dengan pilihan kata yang tepat.
·
Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai
ilustrasi tersebut.
·
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut.
|
||
Melengkapi naskah drama
|
ü Melengkapi naskah drama
ü Menentukan drama berdasarkan
konteks
ü Menyunting penulisan drama
|
·
Disajikan
kutipan naskah drama yang dua dialognya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
dialog yang tepat untuk melengkapinya. 50
·
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan drama yang tepat
berdasarkan cerpen tersebut.
·
Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan drama yang tepat
berdasarkan ilustrasi tersebut.
·
Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat, , siswa
dapat menentukan perbaikan yang tepat.
|
KELOMPOK MAPEL BAHASA INDONESIA
1.
SUDIATI
2.
LISTIYA SUSILAWATI
3.
BAMBANG SUGIANTO
0 komentar:
Posting Komentar